Inilah Sejarah Kacamata dan Perkembangannya |

By admin - Jumat, 23 Juni 2017
Sejarah Kacamata dan Perkembangannya. Kacamata ialah alat terutama untuk beberapa orang yang alami persoalan pandangan. Kerapkali untuk yang lupa membawa kacamata bakal terganggu aktivitasnya lantaran pandangan yang kabur. Sekarang ini kacamata bukan sekedar dipakai untuk alat bantu pandangan saja namun juga untuk kepentingan fashion/style , pelindung mata , atau untuk hiburan mirip kacamata 3D. Karenanya mari kita kenal lebih jauh perihal sejarah kacamata dan perkembangannya itu. 

Tulisan mengenai sejarah kacamata dan perkembangan kacatama ini sebagian besar berasal dan diambil Dari Wikipedia .

Inilah Sejarah Kacamata dan Perkembangannya

Sejarah Kacamata dan Perkembangannya

1. Pendahuluan 

Dalam sejarah kacamata , diketemukan kacamata pertama kali diawali dari Nero , seseorang kaisar Roma , yang waktu itu berkuasa pada th. 54 hingga 68 Masehi. Nero senantiasa memakai batu permata cekung untuk membaca hingga melihat pertunjukan , meskipun tak di ketahui dengan pasti pada sejarah kacamata apakah Nero mempunyai permasalahan dengan penglihatannya atau hanya buat bergaya saja :). 

2. Penemuan Kacamata 

Sejarah kacamata mencatat , bangsa Cinalah yang mungkin pertama kali memakai kacamata mirip kacamata yang umum dipakai ketika ini. Umumnya kacamata itu terbuat dari lensa yang berupa oval sangatlah besar serta terbuat dari kristal batu dan bingkai dari tempurung kura-kura. Agar mampu memegang kacanya , bangsa Cina memakai dua kawat yang di beri pemberat dan dicantolkan ke indera pendengaran mereka atau lensanya diikatkan ke topi atau memakai kait yang dicantolkan ke pelipis mereka. Untuk bangsa Cina ketika itu , kacamata cuma dipakai juga sebagai jimat keberuntungan atau alat untuk bikin mereka tampak lebih keren serta berwibawa hingga terkadang mereka cuma kenakan bingkai kacamatanya saja tanpa ada lensa. Dalam sejarah kacamata juga diketahui bahwa kacamata umumnya dipakai olah beberapa golongan bangsawan atau orang kaya pada masa itu , juga sebagai perwujudtan jati diri mereka. 

3. Perkembangan 

Dalam sejarah kacamata dan perkembangannya , kacamata mulai di kenal di Eropa pada era ke 13. Tetapi tidak sama dengan bangsa Cina , orang Eropa memakai kacamata untuk menolong pandangan mereka. Pada era sejarah kacamata kali ini kacamata yang dikenakan masih tetap mirip dengan kacamata bangsa Cina yaitu terbuat dari kristal batu atau batu transparan. 
Kacamata Era kala 16 di Jerman 

Sejarah kacamata di Eropa sebagaimana tercatat bahwa kacamata pertama yang dipakai oleh orang Eropa hanya kaca pembesar yang dipegang dengan satu tangan. Kemudian barulah dipakai lensa kaca ganda yang didapatkan gagang biar bias dicantolkan ke telinga. Lantas , gagangnya juga di hilangkan serta digantikan dengan pita atau tali biar bias diikatkan ke kepala , jadi mirip penutup mata beberapa bajak laut. Untuk sekian waktu , orang memakai kacamata per , yaitu kacamata yang dijepit dengan alat sejenis peniti ke atas hidung. Pada hasilnya , sejarah kacamata mencatat dalam perkembangannya lama kelamaan , munculah wangsit untuk memakai kawat bengkok yang dikeraskan biar jadi gagang di telinga. 

Sejarah kacamata berikutnya dengan menggunakan lensa. Lensa yang dipakai untuk mengoreksi pandangan konon dipakai oleh Abbas Ibn Firnas pada era ke sembilan. Abbas Ibn Firnas temukan langkah untuk menghasilkan lensa yang sangat jernih. Lensa ini ada dibuat serta diasah jadi batu lingkaran yang mampu dipakai untuk membaca hingga dalam sejarah kacamata dan perkembangannya populer dengan arti batu membaca. 

Pada tamat era ke tiga belas , sejarah kacamata mencatat pada hasilnya diketemukan bahwa pemakaian kaca juga sebagai lensa tambah lebih baik dari pada memakai batu transparan. Hal semacam ini berdasar pada hasil riset ilmuan serta sejarawan Inggris yang berjulukan Sir Joseph Needham. Penelitiannya menawarkan bahwa kacamata diketemukan 1000 th. yang lalu di Cina serta menyebar ke semua dunia pada zaman kehadiran Marco Polo pada th. 1270. Hal ini dapat dijelaskan oleh Marco Polo dalam bukunya itu. Walaupun tak di ketahui dengan cara pasti dalam sejarah kacamata dan perkembangannya tersebut , tetapi orang yakin bahwa tukang kaca lah sebagai pelopor hal semacam ini. 

Marco Polo
Marco Polo


4. Penyempurnaan Kacamata 

Pada th. 1784 , dalam sejarah kacamata dan perkembangannya kembali mencatat bahwa Benjamin Franklin , seseorang ilmuwan Amerika , sukses temukan kacamata bifokal yakni kacamata yang mampu dipakai untuk lihat baik untuk jarak jauh ataupun jarak dekat. Seperti yang kerap dipakai sekarang ini yakni lensa -/+ serta silinder , termasuk juga untuk membaca artikel sejarah kacamata ini oleh pembaca yang menggunakan kacamata 

Demikian pengetahuan perihal kacamata mengenai Sejarah Kacamata dan Perkembangannya. Semoga dengan kita membaca artikel Sejarah Kacamata dan Perkembangannya , maka dapat menambah wawasan kita dalam dunia perkacamataan. Publisher tidak bertanggung jawab atas segala balasan yang mungkin timbul dari penggunaan info ini.


Sumber rujukan dan photo credit:
kacamatasale<dot>com